Sabtu, 12 Juni 2010

Budaya Organisasi Starbuck


Setelah membaca buku The Starbucks Experience- nya Joseph Michelli, satu hal penting yang saya dapatkan dari buku itu: Tentang melayani konsumen dengan baik sekaligus mengedukasinya. mereka berhasil menggabungkan antara layanan yang memuaskan dengan pembelajaran kepada para pelanggan. Secara konsisten pelanggan akan diajari untuk mengenali kopi dengan seluk beluknya dan menikmati kopi dengan baik dan benar.

Dan hal itu semua didasari prinsip yang dianut oleh pembuat starbuck. Ada 5 orientasi budaya organisasi yang diadaptasi dan diaplikasikan oleh pemilik starbuck yaitu:
  1. Make it your own
  2. everything matters
  3. suprise and delight
  4. embrace resistance
  5. leave your mark
5 orientasi tersebut coba diterapkan kepada karyawan karyawan starbuck, dan dampaknya adalah opportunity to greatly enrich their workplace. Dan selain iorientasi tersebut ditrepakan juga spirit entrepreneur dan extraordinary leadership skills agar dapat meningkatkan pelayanan produk. Dalam spirit starbuck, prinsip rinsip ini mendorong kita untuk mendengarkan dan menggapi kesempatan sekecil apapun lebih besar.
Budaya organisasi ini telah dilakukan oleh starbuck bertahun tahun, selain produk kopi yang ditawarkan dengan innovasi - innovasinya starbuck pun memberikan pelayanan kepada pelanggan. Mereka berhasil menggabungkan antara layanan yang memuaskan dan pembelajaran kepada pelanggan. Secara konsisten pelanggan akan diajariuntuk mengenali kopidengan seluk beluknya dan menikmati kopi dengan baik dan benar. Seseorang yangawalnya buta tentang kopi, pada beberapa kali kunjungan selanjutnyaakan semakin tahu kopi apa yang enak dan bagaimana meramunya. Para Barista (sebuatn untuk pelayan) akan dengan senang hati membantu pelangganbelajar segala hal tentang kopi.
Pengalaman dari starbuck ini layak diterapkan pada semua jenis usaha, karen ini adalah nilai baru yang universal. budaya organisasi yang diterapkan starbuck dapat kita contoh dan kita terapkan. Starbuck menempatkan pemberdayaan, kewirausahaan, pelayanan dan kualitas sebagai nilai dasar perusahaan.